Pimpin Upacara HBA ke 64, Kajari Sumbawa Ingatkan Korps Adhyaksa Jaga Netralitas di Pilkada

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Kepala Kejaksaan (Kajari) Sumbawa Hendi Arifin SH, mengingatkan jajaran korps Adhyaksa untuk tetap menjaga netralitas pada pilkada serentak 27 November mendatang.

Hal itu ditegaskan Kajari Sumbawa Hendi Arifin SH, saat memimpin upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke – 64, di halaman Kantor Kejari Sumbawa, Senin 22 Juli 2024.

Upacara kali ini  diikuti seluruh jajaran dan keluarga besar Adhyaksa dan IAD Kejari Sumbawa dan berlangsung hikmad

Pada kesempatan itu, Kajari Sumbawa membacakan amanat Jaksa Agung Republik Indonesia ST.vBurhanuddin,

Kajari mengatakan, Jaksa Agung telah mengeluarkan perintah harian dan mengingatkan seluruh jajaran

Apalagi tanggal 27 November nanti perhelatan Pilkada Serentak 2024 akan dilaksanakan, sehingga diperlukan kesiapan dan peran serta jajaran Kejaksaan dalam sentra Gakkumdu

"Namun  yang paling disoroti adalah terkait netralitas jajaran Kejaksaan. Saya tegaskan, tidak ada ruang politik praktis bagi kita, NETRALITAS ADHYAKSA, HARGA MATI!!,” tandasnya.

Lanjut Kajari,  tahun ini merupakan tahun transisi peringatan HBA, dimana pada hari ini kita melaksanakan upacara yang diikuti dengan semarak rangkaian perayaannya, dan nanti kita juga akan melaksanakan upacara peringatan hari Lahir Kejaksaan pada tanggal 2 September.

"Jadi, mulai tahun depan, setiap tanggal 22 Juli kita hanya akan memperingatinya dengan upacara sebagai momen berkontemplasi secara internal dan edukasi kepada masyarakat atas peran dan kedudukan Kejaksaan. Sedangkan rangkaian semarak kegiatan perayaan akan kita fokuskan pada perayaan hari lahir Kejaksaan tanggal 2 September," ujarnya.

Terlepas dari adanya masa transisi tersebut, setiap momen perayaan HBA, sepatutnya di hayati sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi, atas semua pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang yang telah dilakukan dalam kurun waktu satu tahun terakhir, agar senantiasa dijadikan refleksi oleh seluruh insan Adhyaksa untuk dapat menjaga kepercayaan masyarakat kepada institusi yang kita cintai, dan Tema HBA kali ini adalah Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas.Tema ini merupakan kristalisasi dari Visi Pemerintah guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.

 Oleh karena itu, Indonesia harus mampu bermetamorfosis menjadi Indonesia maju yang memiliki kualitas manusia yang unggul serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kesejahteraan rakyat yang lebih baik dan merata, serta ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan yang kuat dan berwibawa.

Menurutnya, salah satu fondasi pemerintahan yang kuat dan berwibawa, tidak lain dan tidak bukan adalah penegakan hukum yang berkepastian hukum, dan mampu mewujudkan keadilan yang substansial serta bermanfaat, dan untuk membangun fondasi tersebut, maka Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang memiliki kedudukan strategis harus menjalankan tugas, fungsi dan wewenangnya baik di bidang Pidana, Perdata, Tata Usaha Negara, dan Intelijen serta kewenangan lainnya secara profesional, proporsional dan tuntas.(KA-01(



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini